Pertemuan Hasil Survey Mawas Diri

Pangongangan,- Survei Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan oleh sekelompok masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan di lingkungan setempat. Seperti yang terlihat pada Selasa ( 23/11 ) mulai pukul 09.00 Wib hingga selesai dilaksanakan pertemuan Survey Mawas Diri, yang bertempat di Aula Kelurahan Pangongangan beralamat di Jalan Pandan nomor dua Kota Madiun. Pertemuan yang dihadiri oleh dua puluh orang peserta ini terdiri dari Ketua RT/RW, BHABINKAMTIBMAS, BABINSA, LPMK, POSKESKEL PUSKESMAS NGEGONG dan PERANGKAT KELURAHAN PANGONGANGAN.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh dr. Kesi Wahyu Widarti selaku Kepala Puskesmas Ngegong, Lurah Pangongangan Eva Anjarika, S.STP serta, perwakilan dari LPMK.

Adapun tujuan Survei Mawas Diri (SMD), yaitu: agar masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada dilingkungan dalam rangka menyiapkan kelurahan siaga, serta timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada dilingkungan nya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Hasil capaian prosentase masalah, terdiri dari : 13,9% pasangan belum KB, 45% masyarakat merokok, 16% masyarakat belum vaksin, 6% masyarakat tidak periksa (termasuk ODGJ), 42% tidak mengetahui penyebab stuting. Pertemuan ini dilaksanakan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan. ( Admin )