Kelurahan Pangongangan Adakan Pertemuan Juru Pemantau Jentik ( Jumantik )

Pangongangan, Senin 26/10/2020

Juru Pemantau Jentik ( Jumantik ) adalah salah satu kegiatan dibawah Dinas Kesehatan dengan tugasnya yaitu memantau jentik nyamuk yang ada di lingkungan sekitar wilayah kerjanya, kegiatan ini dilakukan oleh kader kesehatan yang tersebar di setiap RT. Kegiatan pemantauan jentik ini bisanya dilakukan setiap satu bulan sekali dengan cara mendatangi rumah-rumah penduduk yang berada di wilayahnya, selain itu yang menjadi jangkauan mereka adalah tempat-tempat umum seperti mushola, masjid, dan di sekitr wilayah yang terlihat kumuh dengan kelembaban udara cukup tinggi serta memungkinkan terdapat genangan air yang memberikan kebebasan nyamuk Aedes Aegepty betina bertelur.

Pertemuan jumantik yang dilaksakan pertama kalinya setelah lama tidak diadakan karena pandemiini bertempat di Aula Kelurahan Pangongangan yang beralamat di Jalan Pandan nomor dua Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Pertemuan ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 wib hingga selesai dan dihadiri oleh 26 orang kader jumantik yang bertugas diwilayah Kelurahan Pangongangan.

Pertemuan ini dibuka oleh Eko Purnomo,SH selaku Lurah Pangongangan yang kemudian dilanjutkan oleh Devi Andriyani, Amd.KL selaku Kesling yang bertugas di wilayah Kelurahan Pangongangan yang memberikan pembahasan tentang pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah ini. Selain itu juga penyampaian informasi tentang dimulainya kegiatan pemantauan jentik di setiap rumah pada bulan November mendatang. Kegiatan ini berjalan dengan lancar juga menerapkan protokol kesehatan. ( rose/ppidpangongangan )