Pangongangan – PPID adalah singkatan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, yang berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh Badan Publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi di badan publik.
Untuk melaksanakan hal tersebut, Jumat 20 Januari 2023 bertempat di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Manguharjo digelar acara Sharing Session Admin PPID Pelaksana se Wilayah Kecamatan Manguharjo yang dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan Manguharjo Lita Febriana Hapsari S,STP, M.Si dan narusmber dari Terbaik I Pemenang PPID Awards Tingkat Kelurahan Dewi Ayu Ardila.
Dalam paparannya, Dewi menyampaiakan apa saja yang harus dilengkapi dan menjadi penilaian dalam PPID Awards, sehingga dua tahun berturut-turut kelurahannya bisa menjadi pemenang dalam PPID Awards. Diantaranya harus melengkapi isian SAQ, presentasi admin PPID Pelaksana dan menampilkan berita tidak hanya kegiatan kelurahan saja, tetapi juga kegiatan warga dan inovasi pelayanan yang ada di kelurahan. Penilaian tidak hanya dilakukan pada saat lomba saja, tetapi selama satu tahun dilihat perkembangan isi website dan media sosialnya.
Setelah menyimak paparan dari narasumber, Sekretaris Kecamatan Manguharjo Lita Febriana Hapsari S,STP, M.Si memberikan arahan dan motivasi kepada admin PPID dari sembilan kelurahan agar lebih aktif dalam update website dan media sosial. Untuk agenda selanjutnya, akan dilaksanakan bimtek dengan narasumber dari PPID Utama Kota Madiun. (Admin)

