Standart Pelayanan Publik (SPP)

STANDAR PELAYANAN

1. SEKSI PEMERINTAHAN

1). Pelayanan Rekomendasi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Syarat Pengajuan KTP :

  1. Surat Pengantar dari RT dari Kelurahan setempat ;
  2. Formulir F-1.21 (Formulir Permohonan Kartu Tanda Penduduk  WNI) ;
  3. Foto copy KK (Kartu Keluarga)/KSK (1 lembar)
  4. Pas Photo 3 x 2 sebanyak 2 lembar, dengan syarat background merah yang tahun lahirnya ganjil, dan background biru yang tahun lahirnya genap untuk ditempelkan ke Formulir F-1.21.

Lama waktu penyelesaian : 1 Jam

Biaya      : Tidak ada

Prosedur Pengajuan

  1. Pemohon membawa surat Pengantar dari RT yang ditandatangani RT dan RW dan Kelurahan ;
  2. Petugas memberi Form 1.21 untuk diisi dan dicek kebenarannya ;
  3. Berkas yang dianggap valid/benar diterima dan kalau masih kurang kelengkapannya dikembalikan ;
  4. Pembayaran biaya administrasi (sesuai Perda yang berlaku) ;
  5. Data diregister di Buku Register (Buku BK-1.01= Buku harian peristiwa kependudukan dan peristiwa penting untuk kelurahan) ;
  6. Diserahkan kepada Kasi Pemerintahan untuk dicek kembali dan diparaf ;
  7. Diserahkan kepada Sekretaris Kelurahan/Lurah ditandatangani ;
  8. Penyerahan berkas ke Pemohon atau Petugas Registrasi kelurahan untuk diteruskan ke Dinas Duk Capil.

Spesifikasi Produk/ Hasil Layanan :

           Berupa lembar KTP yang sudah dilegalisasi oleh Lurah/Sekkel dan Camat/ Sekcam.

Pelayanan Informasi dan Pengaduan :

         Jl.  Pandan No. 02 Madiun Telephone : (0351) 467527, 4772787

          Email : pangongangan@gmail.com.

         Website : http://kelurahan-pangongangan.madiunkota.go.id/

Alur/Prosedur Layanan :

Tempat dan Waktu Pelayanan :

Tempat :

       Kantor Pelayanan Kelurahan Pangongangan Kecamatan Manguharjo Kota Madiun.

Waktu Pelayanan :

  • Senin – Kamis : pukul 07.15 (setelah apel pagi) – 15.00 WIB.
  • Jum’at : pukul 07.30 (setelah senam pagi) – 11.00 WIB dan 13.00 – 14.00 WIB.

Kompetensi petugas

Tenaga : 7 orang

Sarana/ Prasarana

  • Ruang tunggu
  • Tempat parkir
  • WC/kamar mandi (Toilet)
  • Tempat Sholat
  • Alat Tulis Kantor (ATK)
  • Peralatan legalitas (Stempel unit dan Stempel nama Lurah/Seklur)
  • Komputer dan Printer

Pelayanan Informasi dan Pelayanan Pengaduan Masyarakat

  • Permintaan informasi, konsultasi dan konfirmasi masyarakat secara langsung akan dilayani dengan secara langsung sesuai pada seksi pelayanan masing-masing ;
  • Masyarakat terlebih dahulu meminta informasi dan pengaduan secara langsung/lisan di kelurahan masing-masing dalam pengisian formulir yang dapat dipandu oleh petugas registrasi atau petugas lainnya yang ada di Kelurahan selanjutnya ke Kecamatan untuk memastikan kelengkapan dan untuk mendapatkan rekomendasi ;
  • Masyarakat bisa minta informasi dan pengaduan dengan telpon di Kelurahan masing-masing terlebih dahulu dalam memastikan kelengkapan persyaratan atau telpon ke Kelurahan langsung pada seksi/petugas yang menangani untuk dipandu.

Pemberian Kompensasi kepada  Penerima  Pelayanan Publik atas  adanya ketidaksesuaian Pelayanan

  • Membantu dengan pemenuhan terhadap kelengkapan administrasi dengan memberikan suatu contoh atau dokumen yang akurat dengan mencetakkan di printer ;
  • Apabila dalam proses terdapat kendala, seperti Lurah/Sekkel tidak ditempat karena ada tugas mendadak, rapat-rapat atau dinas luar maka akan dihubungi via telpon untuk mengambilnya kembali ;
  • Apabila dalam proses terdapat kendala dengan kelengkapan yang kurang atau memastikan suatu hal keterkaitan dengan instansi lain maka petugas bersedia menghubungi via telpon untuk koordinasi, konsultasi atau konfirmasi hingga benar-benar jelas, benar dan valid.

SPP Kelurahan Lengkap dapat klik disini