Proposal Green n Clean

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Kelurahan Pangongangan adalah satu-satunya kelurahan yang ada di tengah kota dan memiliki alon – alon yang menjadikan kelurahan yang memiliki aktifitas warga masyarakat sangat sibuk,dalam hal kegiatan disektor sosial ekonomi.

Dengan adanya aktifitas tersebut maka perlu adanya kepedulian terhadap lingkungan hidup disekitarnya sehingga akan tercipta keadaan yang nyaman asri dan sejuk.

Dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman asri dan sejuk harus melibatkan semua komponen masyarakat, untuk itu Kelurahan Pangongangan berinisiatif merintis bersih dan hijau tahun 2017 mulai dari beberapa kawasan. Kawasan inilah nantinya menjadi percontohan bagi kawasan lainnya di Kelurahan Pangongangan.

  1. TUJUAN
  2. Membantu  upaya pelestarian lingkungan Kelurahan  Pangongangan melalui kegiatan Penghijauan, Pemeliharan dan perawatan lingkungan yang tertata dan bersih.
  3. Menarik perhatian intitusi dan masyarakat dalam kepedulian lingkungan sekitarnya.
  4. Meningkatkan kepekaan dan motifasi masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam penghijauan dab kebersihan lingkungan.
  5. Mengembangkan semangat kerelawanan di kalangan warga yang terlibat langsung dalam kegiatan ini.

Beberapa rekomendasi dari kegiatan ini adalah satu rumah satu pohon yang dijaga dan dipelihara oleh warga masyarakat sehingga ada rasa memiliki dan tanggung jawab. Dalam memprogramkan aplikasi kegiatan tersebut dengan  tema “Green Clean and Healthy”. Kegiatan ini termasuk program prioritas dalam rangka mensukseskan program pemerintah Kota Madiun untuk menciptakan kawasan yang lebih bersih dan hijau. ( lengkap klik ini⇒ profil green clean PN 17 )